Tuesday 8 January 2019

Bisnis Franchise Makanan Paling Menguntungkan Saat Ini

Jenis Usaha Franchise atau Waralaba :
Sebelum menjawab pertanyaan apa sih bisnis franchise makanan paling menguntungkan saat ini? Sebaiknya ketahui dulu jenis-jenis usaha waralaba/franchise berikut. Di Indonesia terdapat usaha waralaba yang pada umumnya terbagi menjadi 2 jenis yaitu sebai berikut :

Bisnis Franchise Makanan Paling Menguntungkan Saat Ini

1. Waralaba Menurut Kriteria/Produk yang Ditawarkan
a. Waralaba produk
Produk yang biasanya ditawarkan adalah berupa barang.Misalnya adalah Mc Donald , KFC , Kebab Turki.
b. Waralaba  jasa
Yang biasa ditawarkan adalah produk yang berwujud layanan jasa, misalnya pendidikan, studio photo / jasa sewa video dan jasa agen perjalanan atau travel .
c. Waralaba gabungan
Usaha ini menawarkan produk yang digabungkan atau produk yang ditawarkan yaitu barang dan jasa .

2 . Waralaba Menurut Asalnya
a. Waralaba berasal dari luar negeri
Waralaba ini lebih disukai oleh masyarakat dikarenakan sistem yang berlaku lebih  jelas dan merek perusahaan sudah diterima oleh orang -orang di setiap penjuru dunia , selain itu dinilai lebih bergengsi juga.
b. Waralaba berasal dalam negeri
Waralaba ini termasuk salah satu pilihan investasi bagi orang - orang yang ingin menjadi pengusaha dengan cepat namun orang tersebut tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai awal dan kelanjutan usaha oleh pemilik waralabanya. Contohnya adalah waralaba yang berasal dari dalam negeri adalah restoran cepat saji .

3 . Waralaba Menurut IFA
Dalam International Franchise Assocoation ( IFA),ada empat jenis waralaba yang digunakan di Amerika Serikat yaitu sebagai berikut:
a. Product Franchise
Waralaba ini produsen lebih memiliki hak dalam mengontrol secara penuh mengenai detail yang mendistribusikan produknya . Didalam suatu perjanjian atau kontrak yang telah disepakatai oleh kedua pihak yang berisi persutujuan bahwa produsen memperbolehkan pemilik toko untuk dapat menggunakan merek dan hak ciptanya.Pemilik toko memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah uang agar dapat memperoleh haknya atau agar dapat membeli sejumlah produk yang menjadi kualifikasi waralaba .
b . Manufacturing Franchise
Setiap badan usaha yang memproduksi produk akan diberikan hak, untuk menjualnya kepada masyarakat dengan syarat yaitu menggunakan merek dagang dan merek waralaba.Yang biasanya ditemukan dalam industri makanan dan minuman.Contohnya adalah apabila seseorang ingin membuka sebuah pabrik hanya perlu mendapatkan hak dari perusahaan untuk dapat menggunakan namanya dan juga hak ciptanya .Dan membangun sebuah pabrik dan bahan bakunya akan tetap dirahasiakan . Selain itu dia pun juga memiliki hak untuk mencampur seluruh bahan yang diberikan dan mengemasnya menjadi produk akhir untuk dapat diperjualbelikan .
c . Business Opportunity Ventures
Waralaba ini mewajibkan pemilik bisnis agar membeli dan mendistribusikan produk - produk dari  perusahaan tertentu .Perusahaan juga harus menyediakan pelanggan dan rekening bagi pemilik bisnis .
Pemilik bisnis harus membayar biaya atau prestasi sebagai kompensasinya sebagai bukti timbal balik . Contohnya seperti pengusaha mesin -mesin penjualan otomatis atau distributorship .

4 . Business Format Franchising
Business ini merupakan jenis waralaba yang terkenal dalam pelaksanaannya . Jadi setiap perusahaan mempunyai metode dalam pemberian pilihan kepada pemilik bisnis dengan menggunakan nama dan merek dagang dari perusahaan.

Biasanya perusahaan meyediakan bantuan kepada pemilik bisnis dengan membayar biaya atau royalty. Namun terkadang perusahaan  mewajibkan pemilik bisnis agar membeli persediaan dari perusahaan. Dari hasil monitoring kami nantinya bisnis franchise makanan paling menguntungkan saat ini yaitu bidang makanan ringan misal talas garlic